Berita

Direktorat Jenderal Sumber Daya Air Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat melalui Direktorat Bina Operasi dan Pemeliharaan menyelenggarakan Lomba O&P Tingkat Nasional. Terdapat beberapa kategori yang diperlombakan, diantaranya Daerah Irigasi (Permukaan) Teladan, Petugas O&P Irigasi Permukaan dan Irigasi Rawa Teladan, Komunitas Peduli Sungai, Unit Pengelola Bendungan dan Petugas O&P Bendungan Teladan. Acara yang diselenggarakan di Semarang selama 5 hari, terhitung tanggal 17-21 Juli.

Lomba ini bertujuan untuk memberikan apresiasi terhadap insan pengelola sumber daya air dalam melaksanakan kegiatan operasi dan pemeliharaan, mendorong peningkatan pelayanan, meningkatkan pemahaman, perhatian dan komitmen pimpinan terhadap pelaksanaan operasi dan pemeliharaan.

Salah satu bagian dari kegiatan tersebut ialah Unit Pengelola Bendungan dan Petugas O&P Bendungan Teladan. Kalimantan Timur mengirimkan perwakilannya melalui Sukamto sebagai Pengamat Operasi UPB BWS KIII untuk Bendungan Samboja. Penilaian lomba ini dengan penilaian 30% hasil presentasi dan 70% kunjungan lapangan. Lomba tersebut dilaksanakan dalam rangka upaya meningkatkan kinerja O&P prasarana Sumber Daya Air khususnya para petugas O&P Jaringan Irigasi Permukaan, Jaringan Irigasi Rawa, dan Unit Pengelola Bendungan dalam menjalankan tugas dan fungsinya untuk meningkatkan pelayanan Irigasi Permukaan, Irigasi Rawa dan Bendungan kepada masyarakat pemakai air serta untuk memberikan apresiasi/penghargaan kepada Komunitas Peduli Sungai.

Diharapkan kegiatan ini berfungsi sebagai upaya dalam mendorong Pemerintah Pusat, Pemerintah Propinsi dan Kabupaten/Kota serta masyarakat dalam peningkatan kinerja operasi dan pemeliharaan sumber daya air secara efektif dan efisien, sekaligus memberikan apresiasi sebagai bentuk penghargaan kepada peserta yang mempunyai kinerja terbaik. (SISDA BWSKIII)