Berita

Balikpapan, Penekanan tombol disertai terdengarnya bunyi sirene, penanda Bendungan Teritip Kota Balikpapan telah siap dilakukan impounding (pengisian awal). Peresmian Impounding (pengisian awal) Bendungan Teritip Kota Balikpapan dilakukan langsung oleh Direktur Jenderal Sumber Daya Air, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Ir. Imam Santoso, M.Sc serta didampingi oleh Walikota Balikpapan H.M Rizal Effendi, Kepala Pusat Bendungan Ir. Ni Made Sumiarsih, M. Eng, dan Kepala Balai Wilayah Sungai Kalimantan III Ir. Arief Rachman, M.E.

“Bendungan Teritip ini merupakan bendungan kedua yang difungsikan sebagai bendungan penyedia air baku untuk air bersih di Kota Balikpapan setelah Bendungan Manggar” disampaikan oleh Ir. Arief Rachman, ME.

Luas genangan Bendungan Teritip yang mencapai 94,80 Ha dan kapasitas tampungan 2,43 juta m3 sehingga dapat dioperasikan dengan pengambilan air sebesar 250 liter/detik. Selama ini Kota Balikpapan sangat membutuhkan pasokan air bersih yang selalu kekurangan. Sehingga dengan adanya Bendungan Teritip, akan membantu memenuhi kebutuhan pasokan air bersih di Kota Balikpapan. “Namun masyarakat harus bersabar terlebih dahulu, karena pasokan air bersih dari Bendungan Teritip ini belum bisa didistribusikan ke masyarakat. Agar bisa didistribusikan, saat ini sedang dibangun Instalasi Pengolahan Air Teritip yang akan rampung tahun 2018” disampaikan H.M Rizal Effendi Walikota Balikpapan.

“Dengan menjaga kondisi hulu Bendungan Teritip yakni DAS Teritip juga dapat mencegah terjadinya sedimentasi sehingga memperpanjang usia bendungan” disampaikan oleh Ir. Imam Santoso, M.Sc Dirjen SDA PUPR. “Menjadi tugas kita untuk mengamankan daerah hulunya” ditegaskan oleh Rizal Effendi Walikota Balikpapan.(SISDA BWS-K.III)